Tanam Melon Hidroponik di Lahan Sempit




Gimana sih cara Tanam Melon Hidroponik di lahan yang sempit ?
Mudah banget loh caranya!
Melon jenis ini dapat dimanfaatkan dengan cara dijual kepasar dan dapat dikonsumsi dengan nikmat.






Menanam beragam tumbuhan dengan sistem hidroponik ini mulai berkembang dan menjadi tren di kalangan anak muda maupun masyarakat umum. Tak terkecuali seperti yang dilakukan beberapa anggota gerakan pemuda ansor dari jember, jawa timur ini. Dengan memanfaatkan lahan partkir berukuran 4x6 di kantor sekretariat mereka yang terletak di jalan danau toba, jember. Mereka menanam buah melon dengan sistem hidroponik.

Sistem tanam hidroponik ini sendiri merupakan media tanam yang menggunakan pipa paralon yang dimodifikasi sebagai media tanamnya sendiri, dan dengan serabut kelapa sebagai pengganti tanah. Secara kualitas buah melon yang dihasilkan pun tak kalah dengan hasil panen dari perkebunan. Bahkan buah melon ini lebih segar dan mempunyai kondisi fisik lebih besar.

Untuk memanenya hanya membutuhkan waktu sekitar 60 hari mulai dari awal pembenihan.
Untuk ukuran lahan sempit yang mereka tanam tersebut, setiap kali panen mampu menghasilkan buah melon hingga 125 kilogram. Selain dijual hasil panen pun untuk dikonsumsi sendiri pada saat ada kegiatan keorganisasian. Selain melakukan tanam buah melon sistem hidroponik, mereka juga mencoba menanam tanaman padi dengan media pipa paralon, meski masih dalam jumlah beberapa rumpun padi yang ditanam.



Keuntungan melakukan cara ini :
1. Lahan kecil
2. Mudah dilakukan
3. Hasil buah nikmat
4. Waktu panen cepat

Kerugian melakukan cara ini :
1. Harus niat jika tidak, buah akan tidak jadi

Itulah artikel mengenai Cara Mudah Tanam Melon Hidroponik di Lahan Sempit. Artikel artikel lainnya akan selalu kami tampilkan dan selalu saya update pada halaman blog ini. Nah kita juga mempunya channel youtube dan instagram juga loh. Yuk kepoin channel youtube kita di Sharing Saring dan instagram @sharingsaringinfo